Kegiatan

Sepakat Perkuat Petani Swadaya Penuhi Standar Keberlanjutan, USAID SEGAR dan PT KAL Jalin Kerja Sama

27 Januari 2023 13:50 105x
Share Tweet Share
Sepakat Perkuat Petani Swadaya Penuhi Standar Keberlanjutan, USAID SEGAR dan PT KAL Jalin Kerja Sama

Foto bersama delegasi USAID dan Bappenas, pihak PT KAL, dan masyarakat Desa Laman Satong, Kuala Satong, Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, yang menjadi wilayah dampingan kerja sama antara USAID SEGAR dan PT KAL. Foto: USAID SEGAR


Ketapang - USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), Rabu, 25 Januari 2023. Penandatanganan ini berlangsung di Pendopo Bupati Ketapang, dengan fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Kolaborasi antara USAID SEGAR dan PT KAL dilakukan untuk memperkuat petani swadaya yang ada dalam rantai pasok PT KAL di Ketapang, Kalimantan Barat. Ini akan diwujudkan melalui kegiatan sertifikasi petani swadaya untuk memenuhi standar keberlanjutan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit, PT KAL memiliki komitmen untuk menerapkan rantai pasokan yang berkelanjutan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah membangun kerja sama dengan petani swadaya dan mendukung penguatan kapasitas petani beserta kelembagaannya. Sesuai kesepakatan, kegiatan kerja sama ini akan dilaksanakan di Desa Laman Satong, Kuala Satong, Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir Utara, dan Desa Simpang Tiga Sembelangaan, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang.

03-MOU Signing SEGAR dan PT KAL (2).JPGPenandatanganan MOU antara USAID SEGAR dan PT KAL disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Ketapang, Sekda Ketapang, serta delegasi dari Bappenas dan USAID. Foto: USAID SEGAR

USAID SEGAR mendukung petani swadaya untuk mempraktikkan pertanian berkelanjutan, dan juga perusahaan untuk menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) pada bisnis mereka. Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE, M.Si turut hadir dalam acara ini dan menyampaikan dukungan terhadap inisiatif kolaborasi untuk Ketapang yang lebih baik. “Diharapkan integrasi, sinergi dan kolaborasi program dari berbagai kementerian lembaga serta pelibatan NGO (non-governmental organization, red.) dapat saling mendukung dan menjadi kunci sukses agenda pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGS (sustainable development goals, red.),” ucapnya.

Selain Wakil Bupati Ketapang, penandatanganan MOU ini disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air (KKSDA) Bappenas Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST, MSc, serta USAID Chief Climate Officer Gillian Caldwell yang sedang melakukan kunjungan ke Indonesia bersama delegasi USAID lainnya dari Washington DC, Amerika Serikat. Sementara itu, MOU ditandatangani oleh Jerileva Purba selaku Direktur PT KAL dan Peter Doyle selaku Chief of Party (COP) USAID SEGAR.


Available in English