Kegiatan

USAID SEGAR dan PT Bank Kalteng Sepakati Kerja Sama Pendanaan Hijau untuk Sektor Kelapa Sawit Berkelanjutan

26 September 2024 08:50 3026x
Share Tweet Share
USAID SEGAR dan PT Bank Kalteng Sepakati Kerja Sama Pendanaan Hijau untuk Sektor Kelapa Sawit Berkelanjutan

Maspliansyah, Plt. Direktur PT Bank Kalteng menyampaikan sambutannya dalam kegiatan penandatanganan nota kesepahaman. Foto: USAID SEGAR

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus menunjukkan komitmennya dalam pembangunan berkelanjutan, termasuk di sektor perkebunan. Kelapa sawit, sebagai komoditas utama, menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah provinsi dan sektor swasta dalam mengawal praktik perkebunan berkelanjutan, yang didukung dengan skema pendanaan hijau. Dalam upaya ini, USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR), bekerja sama dengan PT Bank Kalteng untuk mengembangkan pendanaan hijau dalam sektor kelapa sawit berkelanjutan. Bersamaan dengan ini, kerja sama pendanaan hijau ini juga akan mendukung praktik perkebunan yang baik

Pada Selasa (25/09), USAID SEGAR dan PT Bank Kalteng menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MOU) dalam membangun portofolio pendanaan berkelanjutan di Kalimantan Tengah. Kerja sama ini menargetkan mobilisasi dana sebesar sekitar 7 juta dolar AS, yang di dalamnya termasuk dukungan untuk memfasilitasi akses kepada penerima potensial pembiayaan berkelanjutan bagi mitra sektor swasta kelapa sawit USAID SEGAR yang tertarik untuk menghijaukan rantai pasok mereka.

Penandatanganan ini turut dihadiri oleh Maslipansyah selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Bank Kalteng, Primandanu Febriyan Aziz selaku Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Rizky Ramadhana Badjuri selaku Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, dan perwakilan dari dinas terkait lainnya. 

Dalam sambutannya, Plt. Direktur Utama PT Bank Kalteng, Maslipansyah, menyampaikan bahwa MoU ini merupakan salah satu gebrakan dalam kinerja Bank Kalteng untuk berkontribusi dalam perkebunan berkelanjutan. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada USAID SEGAR atas inisiatif ini, yang memberi peluang bank daerah untuk berpartisipasi dalam visi pembangunan berkelanjutan. 

"Hingga saat ini bank milik pemerintah daerah ini telah miliki sembilan mitra usaha perkebunan sawit baik perusahaan maupun koperasi di Kalteng," ulasnya. “Kerja sama yang terjalin melalui MoU ini merupakan bentuk nyata dari sinergi antara berbagai pihak untuk mencapai visi dan misi kita bersama”

Menindaklanjuti MoU ini, USAID SEGAR dan PT Bank Kalteng akan merencanakan akses dukungan teknis dalam pemenuhan penerapan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan, dan menyediakan sumber daya untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dan disepakati.


Available in English