Cerita dari Lapangan

USAID dan Bappenas Berkunjung ke Desa Tanjung Keramat untuk Menyaksikan Upaya Perlindungan Mangrove oleh Masyarakat

28 April 2022 14:14 196x
Share Tweet Share
USAID dan Bappenas Berkunjung ke Desa Tanjung Keramat untuk Menyaksikan Upaya Perlindungan Mangrove oleh Masyarakat

Selain sebagai pelindung pantai, ekosistem mangrove merupakan habitat berbagai jenis satwa. Masyarakat di Desa Tanjung Keramat, Kabupaten Aceh Tamiang pun menyadari betapa pentingnya ekosistem ini bagi mereka.

Pada tanggal 23 November 2021 yang lalu, USAID dan Bappenas berkesempatan mengunjungi Desa Tanjung Keramat untuk melihat kegiatan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan berdampingan langsung dengan ekosistem mangrove di sana.

  Kepala Desa (Datok Penghulu) Aceh Tamiang mengajak delegasi USAID dan Bappenas untuk menanam mangrove di wilayah desa Aceh Tamiang. Foto: Nyoman Prayoga/USAID SEGAR 

Dalam kunjungan tersebut, Datok Penghulu (Kepala Desa) Tanjung Keramat, Jafar Shiddiq, mengajak delegasi USAID dan Bappenas untuk menanam mangrove bersama perwakilan dan tokoh masyarakat setempat di desa. USAID SEGAR akan mengidentifikasi peluang lebih jauh agar proyek ini dapat turut berkontribusi di Desa Tanjung Keramat.

Delegasi USAID dan Bappenas diterima langsung oleh Bupati Aceh Tamiang untuk berdialog mengenai proyek USAID SEGAR. Foto: Nyoman Prayoga/USAID SEGAR 
Sebelum berkunjung ke desa, delegasi USAID dan Bappenas diterima langsung oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, MKN di ruangannya. Beliau menyambut baik kehadiran USAID SEGAR di Aceh Tamiang dan berharap inisiatif ini bisa membantu masyarakat dan di saat yang bersamaan mendukung upaya konservasi lingkungan.


Available in English