Kegiatan

USAID SEGAR Terima Penghargaan dari Pemkab Sintang dan Pemprov Kalbar dalam Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Mitra Pembangunan

30 Januari 2024 10:03 234x
Share Tweet Share
USAID SEGAR Terima Penghargaan dari Pemkab Sintang dan Pemprov Kalbar dalam Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Mitra Pembangunan

Penerimaan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada USAID SEGAR dalam kategori Mitra Pembangunan (29/01). Foto: USAID SEGAR

Sejak tahun 2021, USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) telah berkiprah di empat kabupaten di Kalimantan Barat untuk mendukung pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat dalam mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian keanekaragaman hayati. Dalam praktiknya, USAID SEGAR telah menjalankan sejumlah studi dan kajian terkait tata kelola lingkungan, melibatkan pemetaan rantai pasok prioritas terkait. Selain itu, proyek ini telah memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam memperkuat forum multipihak yang sudah ada, sekaligus mengoptimalisasi perencanaan lingkungan dan pemanfaatan lahan guna mengurangi ancaman perubahan iklim.

Dalam rangka mengapresiasi kerja perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan mitra pembangunan lainnya, Pemerintah Kabupaten Sintang mengadakan acara tahunan Corporate Social Responsibility (CSR) Award ke-5, bersamaan dengan penyelenggaran perdana Mitra Pembangunan Award. Malam penganugerahan ini diadakan pada Kamis, 14 Desember 2023 untuk mengapresiasi kinerja 41 mitra pembangunan dan organisasi nonpemerintah yang hingga saat ini bekerja di 133 desa dan 12 kecamatan di Sintang. Penghargaan ini terdiri atas 13 kategori, mulai dari kategori kesehatan, pendidikan, kebencanaan, air bersih dan sanitasi, hingga tata kelola pemerintahan. 

Dalam acara tersebut, USAID SEGAR menerima penghargaan dari Pemkab Sintang dalam kategori Tata Kelola Pemerintahan. Penghargaan ini menandai apresiasi Pemkab Sintang atas dukungan USAID SEGAR bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sintang, seperti dukungan terhadap penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH), penguatan forum multipihak Sekber Pembangunan Sintang Lestari, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RTRWK, dan KLHS Rencana Detail Tata Ruang Kota Kelam. Pemkab Sintang turut mengapresiasi kerja kolaboratif antara USAID SEGAR dengan Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) yang dilakukan dengan mekanisme hibah dalam penguatan kapasitas masyarakat desa. Alponsus Alpiadi selaku Koordinator Kabupaten Sintang bagi USAID SEGAR mewakili proyek untuk menerima penghargaan tersebut.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph. Dalam sambutannya, Bupati Jarot menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi lembaga nonpemerintah dan lembaga swadaya masyarakat yang telah membantu Pemkab Sintang dalam mencapai visi Sintang Lestari melalui konsep collaborative governmentyang diusung oleh Pemkab Sintang. 

"Mudah-mudahan mitra pembangunan semakin banyak. Kalian semua yang membangun Sintang, kami cumamengatur saja. Patut kita beri penghargaan.” ujar Bupati Jarot dalam sambutannya. 

Dalam acara ini, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, S.H., M.Si., yang mengutarakan harapannya setelah penghargaan ini dilaksanakan. Kartiyus menyampaikan bahwa penghargaan ini juga dapat memicu semangat para mitra pembangunan untuk terus berpartisipasi dalam mendukung pembangunan Kabupaten Sintang.

penghargaan untuk USAID SEGAR Kalbar 1.jpg
Tim USAID SEGAR wilayah Kalimantan Barat bersama dengan piagam dan plakat penghargaan Mitra Pembangunan Award dari Kabupaten Sintang. Foto: USAID SEGAR 

Sementara itu, di tingkat provinsi, bertepatan dengan upacara peringatan HUT Ke-67 Pemprov Kalimantan Barat (29/01) USAID SEGAR juga menerima penghargaan dari Pemprov Kalbar sebagai mitra pembangunan dalam kategori Tata Kelola Berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan kepada dua proyek USAID di Kalimantan Barat, yaitu USAID SEGAR dan USAID ERAT, sebagai bentuk terima kasih pemerintah provinsi atas dukungan dan kolaborasi yang telah dilaksanakan selama ini. 

Melalui penghargaan yang diterima langsung oleh M. Hermayani Putera selaku Site Manager USAID SEGAR wilayah Kalimantan Barat, Pemprov Kalbar mengapresiasi USAID SEGAR sebagai program yang fokus pada pelestarian lingkungan dan pemanfaatan lahan berkelanjutan dengan pembangunan ekonomi dan mata pencaharian yang inklusif.


Available in English